Langkah-Langkah Pengukuran Coating di Industri Otomotif

Dalam industri otomotif, proses coating penting dilakukan agar hasil akhir part memiliki tampilan yang sempurna dan memiliki perlindungan yang optimal. Tidak heran jika alat ukur ketebalan lapisan ini menjadi salah satu benda yang wajib ada dalam proses pengecekan atau quality controlBerikut adalah tahapan pengukuran coating pada industri otomotif.

Langkah-Langkah Pengukuran Coating di Industri otomotif

1. Mengetahui Kondisi Iklim (Environment Painting)

Penting untuk kondisi lingkungan atau iklim sebelum memulai proses coating karena pada kondisi tertentu kelembapan udara dapat mengembun pada substrat setelah proses aplikasi cat sebelum proses pengeringan selesai. Hal ini dapat mengakibatkan permukaan menjadi berkarat dan tentu berpengaruh terhadap daya lekat cat yang diaplikasikan selanjutnya.  

Adapun parameter iklim yang dapat diukur dengan alat ini antara lain:

  1. Kelembapan (Humidity)
  2. Suhu Udara (Air Temperature)
  3. Suhu Permukaan Substrat
  4. Suhu Titik Embun (Dew Point Temperature)
  5. Kecepatan Angin (Wind Speed)

2. Mengetahui Kondisi Kekasaran Part Sebelum Proses Painting

Untuk dapat mengetahui kondisi kekasaran part bisa dengan mengunakan:

  • TESTEX PRESS-O-FILM REPLICA TAPE

Testex Press O Film Replica Tape terdiri dari lapisan busa yang dapat ditekan yang ditempel pada substrat polyester yang tidak dapat ditekan dengan ketebalan yang sangat seragam. Ketika ditekan ke permukaan baja yang kasar, busa akan runtuh dan membentuk kesan permukaan.

Dengan menempatkan pita Testex yang terkompresi di antara landasan pengukur ketebalan mikrometer seperti PosiTector RTR H Replica Tape Reader dan mengurangi kontribusi substrat yang tidak dapat ditekan, akan memberikan ukuran profil permukaan.

Optical Grade XC Testex Replica Tape tersedia - menyediakan file data permukaan SDF yang berkualitas lebih tinggi daripada replica tape konvensional (untuk digunakan dengan model 3D PosiTector RTR).

 

Setelah menggunakan Testex Replica Tape, pastikan area permukaan material sudah dalam kondisi bersih dan mewakili area yang diuji. Kemudian profil dibaca menggunakan DeFelsko PosiTector RTR Replica Tape Reader.
 
 
Alat ukur profil permukaan yang menggunakan mikrometer kedalaman digital. Fungsinya untuk mengukur ketinggian profil permukaan puncak hingga lembah sebagai persiapan penerapan pelapisan (coating). PosiTector SPG dapat Anda gunakan pada material blasted steel, textured coating, dan concrete profile.
 
 
 
 

3. Mengetahui Ketebalan Painting / Coating pada Part

Ketebalan lapisan, ketebalan cat, atau ketebalan film kering (Dry Film Thickness/DFT) merupakan variabel penting yang berperan dalam kualitas produk, memastikan cakupan perlindungan profil yang memadai, dan mengendalikan biaya pelapisan. 

Pengukuran ketebalan coating dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

Pengukur ketebalan lapisan yang dapat diaplikasikan pada SEMUA substrat logam. Desain sudah sepenuhnya elektronik dan kokoh menggunakan prinsip magnet dan arus pusaran untuk mengukur ketebalan lapisan pada logam besi dan non-besi, secara akurat dan cepat.
 
 
PosiTest DFT menawarkan metode paling sederhana untuk mengukur ketebalan lapisan pada semua logam dengan penambahan layar OLED. Terlepas dari jenis dan proses pelapisan, baik itu cat karet, epoksi, enamel, lak, atau krom, PosiTest DFT DeFelsko yang berukuran kecil ini menggunakan teknologi ultrasonik standar industri yang terbukti dan ditenagai oleh baterai berukuran AAA.

Berkat faktor bentuknya yang compact dan fleksibel, model DFT baru ini lebih ringan sebesar 20 gram dibandingkan model sebelumnya dengan layar LCD. Anda dapat memeriksa keseragaman cat bubuk, pelapisan, dan menilai umur produk.
 
 
Pengukur ketebalan lapisan untuk material Non-Logam. Mengukur secara non-destruktif berbagai aplikasi menggunakan teknologi ultrasonik yang terbukti. Mengukur ketebalan lapisan pada kayu, beton, plastik, dan lainnya. Model-model canggih dapat mengukur hingga 3 lapisan dengan tampilan grafik.
 
 
Pengukur ketebalan lapisan magnetik untuk lapisan non-magnetik pada baja. Lapisan non-magnetik antara lain seperti cat, enamel, galvanisasi, metalisasi, pelapisan/plating, dan lain-lain).
 
 
  • POSITEST PG

Mengukur ketebalan satu atau beberapa lapisan pada substrat apapun menggunakan teknik destruktif.
 
 
Pengukur ketebalan lapisan tarik magnetik (Magnetic Pull-Off). PosiPen memiliki magnet yang sangat kecil dan unik yang dapat ditempatkan dengan akurasi tepat pada bagian yang sangat kecil, serta di puncak dan lembah. PosiPen ini sangat ideal untuk mengukur lapisan non-magnetik seperti cat, enamel, pelapisan/plating, dan galvanisasi hot-dip pada baja.
 
 
  • WET FILM THICKNESS GAUGE

Notched Wet Film Thickness Gauge digunakan untuk mengukur ketebalan cat, enamel, dan film basah (Wet Film) lainnya dengan cepat dan akurat.
 
 

4. Mengetahui Tingkat Kecerahan Warna (Matte/Semi/Gloss/Glossy) Setelah Proses Painting

PosiTector GLS Gloss Meter digunakan untuk mengecek pengukuran Kilau, Pantulan, dan Kabut ke platform PosiTector. Mengukur kilap (gloss) saat suatu produk sedang diproduksi dapat meningkatkan proses profuksi dengan mengidentifikasi masalah proses, memaksimalkan konsistensi, mengurangi limbah, dan meningkatkan kualitas secara keseluruhan. Tekstur permukaan, sifat pelapis, dan pengaplikasian cat semuanya dapat berpengaruh pada tampilan pelapis.
 
 
Meskipun mudah bagi mata manusia untuk mendeteksi perbedaan kilap yang besar, seperti membandingkan hasil akhir Matte pada aset militer dengan mobil sport merah mengkilap, perbedaan kilap yang lebih kecil akan lebih sulit dilihat, namun masih dapat berdampak besar pada pengendalian proses.
 
 
 

5. Mengetahui Tingkat Kekuatan Daya Rekat Painting/Coating Pada Permukaan Part

Apabila proses blasting dan coating telah dilakukan dengan benar, tahap selanjutnya yaitu coating adhesion testing. Proses ini bertujuan untuk memverifikasi bahwa lapisan telah melekat dengan benar pada substrat. 

Pengujian adhesi atau daya rekat coating dapat dilakukan dengan dua cara. Antara lain:

Automatic Adhesion Tester DeFelsko PosiTest AT-A adalah alat inovatif yang menggabungkan kenyamanan pengguna dan pengulangan untuk inspeksi kualitas pada adhesi lapisan atau beberapa sampel berlapis. Alat pengujian adhesi ini dapat digunakan untuk produk cat pada semua jenis permukaan dan secara otomatis menilai tegangan tarik minimum yang diperlukan untuk memenuhi standar internasional termasuk ASTM D4541/D7234ISO 4624/16276-1AS/NZS 1580.408.5 dan lainnya.
 
 
PosiTest CH Cross Hatch Adhesion Tester adalah alat yang digunakan untuk menguji daya lekat suatu lapisan. Pengujian dilakukan dengan membuat pola potongan (cross hatch) pada permukaan lapisan dan kemudian mengevaluasi sejauh mana lapisan tersebut tetap melekat pada substratnya, sesuai dengan standar ISO 2409 dan ASTM D3359.
 
 
 

Distributor DeFelsko Coating Thickness di Indonesia

 

 

PT Yakin Maju Sentosa adalah distributor resmi DeFelsko Coating Thickness yang ada di Indonesia. Kami akan membantu Anda untuk lebih memahami pengukur ketebalan lapisan yang tepat sesuai kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang coating thickness untuk mendukung bisnis Anda, silahkan hubungi kami.

Kunjungi juga halaman FacebookInstagram dan Linkedin kami untuk mendapatkan informasi terbaru seputar peralatan industri.